Sunday, 31 January 2010

Gangguan Kejiwaan

Dewasa ini sering kita baca berita tentang meningkatnya gangguan kejiwaan , khususnya di kota-kota besar, seiring meningkatnya kebutuhan hidup, beban hidup serta tuntutan hidup baik dalam dunia kerja ataupun di lingkungan masyarakat. Sebenarnya apakah gangguna kejiwaan tersebut?
Untuk memahami masalah tersebut, kita perlu memahami apa itu definisi kesehatan jiwa. Menurut situs www.dinkes-dki.go.id, kesehatan jiwa adalah perasaan sehat dan bahagia serta mampu mengatasi tantangan hidup, dapat menerima orang lain sebagaimana adanya serta mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain.
Berdasarkan definisi tersebut diatas, apakah kondisi kejiwaan kita tergolong tidak sehat? sebab salah satu definisinya adalah mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri maupun orang lain, sedangkan secara manusiawi, terkadang, bahkan seringkali kita mempunyai perasaan negatif terhadap orang di sekitar kita, merasa rendah diri ataupun iri dan lain sebagainya.Disinilah kita dituntut untuk memiliki kualitas kecerdasan emosi supaya mampu mengendalikan diri terhadap emosi, pola pikir dan juga perasaan-perasaan kita.
Gangguan jiwa bisa diartikan juga sebagai suatu kondisi atau situasi kejiwaan yang negatif yang menyebabkan perilaku, pikiran, dan perasaannya tidak sesuai dengan norma-norma yang ada dilingkungannya.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gangguan peada kejiwaan :

Stres
Menurut Sutardjo A Wiramihardja, kondisi kejiwaan itu bisa saja berupa situasi stres. Stres itu sendiri sangat bervariasi. Yang menimbulkan gangguan disebut distress, sedangkan yang menggembirakan disebut eustress, dan yang tidak menimbulkan apa-apa atau netral disebut neustress. Ada banyak sumber yang bisa menyebabkan stres misalnya perasaan frustrasi, adanya konflik, tekanan dari lingkungan kerja atau masyarakat, ketidaksiapan dalam menerima perubahan dan lain-lain.

Frustrasi
Arti kata frustasi menurut wikipedia berasal dari bahasa latin yaitu frustratio artinya perasaan kecewa atau jengkel akibat terhalang dalam pencapaian tujuan, semakin tinggi tujuan yang ingin dicapai, semakin tinggi pula tingkat frustrasi yang mungkin akan dialaminya seandainya keinginan tersebut tidak tercapai.

Konflik
blackmoon-sublimasi.blogspot.comberasal dari kata kerja latin configure yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau kelompok atau lebih dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya karena adanya kesamaan kepentingan yang membuat saling bersaing ataupun adanya perbedaan pendapat yang menyebabkan adanya persaingan antara dua pihak.
Pressure atau Tekanan disini adalah ketika seseorang merasa terpaksa melakukan sesuatu yang tidak ingin ia lakukan ataupun keharusan melakukan sesuatu sesuai target yang telah ditentukan.Situasi seperti ini dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi ataupun gangguan kejiwaan, yang tingkat gangguannya tergantung dari kekuatan orang tersebut dalam menghadapi tekanan.

Perubahan
Adalah suatu pergantian situasi atau kondisi yang mana Saat seseorang tidak mampu menghadapi adanya perubahan yang terjadi, maka jiwanya akan tertekan dan akan mengakibatkan gangguan pada kejiwaannya.

Sutardjo A Wiramiharja juga meningatkan bahwa stres ringan tidak akan menimbulkan masalah dan pengaruh bahkan dapat meningkatkan kualitas individu seseorang. Yang bisa mengakibatkan gangguan kejiwaan adalah stres yang berlebihan. Kemampuan masing-masing individu dalam menghadapi stres berlainan antara satu dengan yang lain, tergantung stress tolerance atau kemampuan dalam menghadapi stres dari masing-masing individu tersebut. semakin besar kemampuan dalam menghadapi stres, akan semakin kecil resiko terkena gangguan pada kejiwaan.

Dengan melatih dan meningkatkan kecerdasan emosi, diharapkan kita mampu mencegah, menghindari atau meminimalisir jenis-jenis gangguan kejiwaan tersebut sehingga mampu mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik lagi.

(sumber : intisari-online.com)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...